Cara Tanam Saham di Bank

Cara Tanam Saham di Bank

Cara Tanam Saham di Bank, Menabung saham merupakan salah satu jawaban yang tepat bagi Anda untuk mulai berinvestasi dan mewaspadai keuangan Anda, namun tidak banyak orang yang mengetahui cara menabung saham.

Tak sedikit yang mengira hanya pengusaha kaya yang bisa menghemat saham. Namun anggapan tersebut ternyata tidak benar karena saat ini banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan kemudahan berinvestasi saham kepada siapa saja.

Cara Tanam Saham di Bank

Jika Anda seorang pemula, sebaiknya kenali dulu profil risiko saat berinvestasi. Karena tabungan saham jangka pendek akan berfluktuasi nilainya, tetapi nilai saham jangka panjang berpotensi meningkat.

Secara umum, jika Anda berinvestasi dalam saham untuk jangka panjang, dana Anda dapat tumbuh secara signifikan. Akan lebih tepat bagi Anda untuk mempertimbangkan memegang saham untuk jangka panjang dan tidak berdagang.

Anda bisa menghemat persediaan dengan membeli saham secara rutin setiap bulannya, dan return yang Anda dapatkan bisa lebih tinggi.

Bagaimana cara menghemat stok?

Sekarang semua orang bisa menabung saham, mereka juga bisa menjadi investor di perusahaan besar. Berikut cara menghemat stok.

Buka rekening efek

Seperti mekanisme tabungan di bank konvensional, Anda juga harus membuka rekening saham untuk memulai transaksi. Untuk membuka rekening ini, Anda harus melalui perusahaan sekuritas atau pialang.

Di Indonesia, ada banyak perusahaan sekuritas terpercaya yang bisa Anda pilih untuk membuka rekening. Selain itu, bank konvensional juga memiliki perusahaan sekuritas.

See also  Situs Tanam Saham Terpercaya

Salah satunya CIMB Niaga melalui PT CGS-CIMB Sekuritas atau CIMB Sekuritas. Pada tahun 2019, CIMB Sekuritas menjadi salah satu dari 10 perusahaan sekuritas Indonesia dengan frekuensi perdagangan tertinggi.

Ada dua cara untuk membuka rekening di CIMB Sekuritas, online dan offline.

Buka rekening efek CGS CIMB secara online

Buka https://register.cgs-cimb.co.id/ dan masukkan email dan kata sandi Anda. Setelah itu, cek email yang dikirim oleh CGS CIMB dan klik “activation link”. Setelah itu, Anda akan langsung diarahkan ke halaman login. Masuk dan isi formulir.

Isi formulir dan unggah foto dokumen

Ada empat langkah untuk melengkapi formulir yang harus Anda ikuti pada formulir pendaftaran yang harus diisi dengan data yang valid. Unggah formulir berupa foto KTP, NPWP dan tanda tangan basah.

  • Pendaftaran offline CIMB Sekuritas
  • Minta formulir pendaftaran dan isi
  • Datang ke cabang CIMB Sekuritas terdekat, lalu minta formulir pendaftaran. Anda juga dapat menghubungi layanan
  • pelanggan mereka di 02129961800. Formulir akan dikirim ke rumah Anda melalui pos.
  • Lengkapi dokumen-dokumen ini dengan data terbaru. Pastikan untuk menyertakan dua prangko 6 juta.
  • Siapkan dokumen
  • Pastikan juga untuk menyiapkan dokumen-dokumen berikut:
  • Fotokopi DNI
  • salinan NPWP
  • Fotokopi sampul buku catatan
  • Kartu Tanda Penduduk (jika karyawan)

Jika formulir pendaftaran telah diisi, kirimkan ke petugas CIMB Sekuritas dan permintaan rekening Anda akan segera diproses.

Tunggu permintaan diproses

Jika berkas dan dokumen yang Anda kirimkan sudah mencukupi, proses pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah (RDN) tidak akan lama.

Setelah mendapatkan user ID dan password untuk login ke aplikasi CIMB Sekuritas, segera login ke iTrade. Anda dapat memilih untuk masuk melalui browser web, komputer desktop, atau perangkat seluler. Setoran awal untuk online trading di CIMB Sekuritas adalah Rp 1 juta.

See also  Cara Tanam Saham di Bri

Isi ulang dana ke rekening saham

Setelah membuka rekening saham, cara menyimpan saham selanjutnya adalah dengan memasukkan dana ke rekening saham Anda untuk mendukung proses pembelian saham. Dana tersebut akan digunakan untuk membeli saham di bursa.

Setelah mengisi akun Anda dengan jumlah dana tertentu, Anda akan diberikan ID sebagai akses ke aplikasi perdagangan saham di perangkat pintar Anda.

Unduh Aplikasi Pembelian Saham

Setelah mendapatkan akses, Anda perlu mengunduh aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas tempat Anda membuka rekening. Biasanya aplikasi dapat dibuka melalui ponsel atau komputer.

Mulai membeli saham

Setelah memiliki aplikasi dan dapat memasukkan akses Anda, langkah selanjutnya untuk menyimpan tindakan adalah melakukan transaksi. Pastikan Anda telah mengkonfigurasi saham yang ingin Anda beli, lalu pilih beli atau ‘beli’ dan masukkan jumlah pembelian: minimal 1 lot atau 100 saham.

Transaksi tidak dapat dilakukan setiap saat, pasar sekuritas memiliki jadwal transaksi. Senin sampai Jumat, bursa buka dari pukul 09:00 WIB hingga 12:00 WIB, kemudian dari pukul 13:30 WIB hingga 16:15 WIB.

Keuntungan menabung saham

Dapatkan dividen

Menyimpan stok memiliki beberapa manfaat untuk Anda. Diantaranya adalah dividen, yaitu pembagian keuntungan yang akan diberikan perusahaan kepada pemegang saham. Berapapun jumlah saham yang Anda miliki, Anda akan mendapatkan porsi keuntungan yang sebanding dengan besarnya saham tersebut.

Ada dua jenis dividen, yaitu dividen tunai dan dividen saham. Pemegang saham akan menerima uang tunai yang dihitung berdasarkan jumlah saham yang dimilikinya jika menerima dividen tunai.

Sedangkan untuk dividen saham, perusahaan akan membagikan laba dalam bentuk saham sehingga jumlah saham yang dimiliki pemegang saham bertambah.

Keuntungan dalam bentuk uang

Keuntungan lain dari menabung saham adalah capital gain. Pemegang saham juga memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan dari peningkatan nilai saham.

See also  Cara Tanam Saham di Alfamart

Cara Tanam Saham di Bank, Misalnya Anda membeli A per lembar saham seharga Rp. 2.000 dan sahamnya dijual dengan harga Rp. 2500, maka capital gain yang diperoleh pemegang saham adalah Rp. 500 per saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *